BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 23 October 2023

8 Cara Untuk Meningkatkan Keamanan Pintu Rumah

Berbagai artikel yang dimuat dalam majalah dan situs mengenai desain rumah selalu berfokus pada penampilan depan rumah, dengan menerapkan perpaduan warna yang menonjol dan menjadikan rumah terlihat lebih menarik di lingkungan sekitar. Sebenarnya, pintu depan juga merupakan pintu masuk yang terpampang jelas ketika pertama kali memasuki rumah,apabila tidak dilakukan pengamanan yang ketat, maka akan mudah untuk kemalingan. Di masa lalu, sistem pengamanan pintu depan dapat melalui kunci yang besar dan pintu yang cukup berat sehingga rumah terlihat seperti benteng, namun di era modern pintu dibentuk dengan berbagai gaya serta lebih aman.

Sebelum memulai untuk mengambil langkah dalam pengamanan pintu,maka ada beberapa yang harus di check sebelumnya. Pertama, evaluasi terlebih dahulu mengenai keamanan pintu kalian saat ini. Apakah pintu kalian masih baru dan layak? sudah tua atau memiliki bahan yang padat? retak di pinggirnya atau berkarat di engselnya? Pintu dengan material logam yang lebih utama dapat dengan mudah kehilangan stabilitas ketika mulai berkarat di pinggirnya, dan meskipun terlihat kokoh, pintu dengan material logam bisa jadi berlubang di dalamnya akibat karat dan korosi.

Kemudian, penguncian pintu yang ideal ialah pintu depan yang memiliki kunci pintu dengan keamanan yang tinggi seperti deadbolt yang kuat kedalam rangka pintu yang kokoh, bersama dengan mekanisme penguncian dengan menggunakan smart lock. Pertimbangan dalam mengintegrasikan keamanan pintu menggunakan smart lock adalah hal yang penting karena penggunaan smart lock dapat meminimalisasi pencurian dalam rumah karena sistemnya yang ketat.

Langkah 1: Pertimbangkan dalam pemilihan pintu yang baru, pintu yang ideal ialah yang berbahan solid dan kokoh.

Langkah pertama dalam meningkatkan keamanan pintu utama melibatkan sejumlah pertimbangan dalam penggantian pintu yang ada, terutama apabila pintu mengalami kerusakan atau tidak dapat menahan sejumlah tekanan. Hal ini penting untuk rumah-rumah tua dengan pintu kayu yang sudah mulai rapuh. Di zaman modern ini telah tersedia berbagai pilihan pintu keamanan, yang memungkinkan penghuni dapat memilih yang sesuai dengan estetika rumah. Dalam memaksimalkan keamanan rumah, maka disarankan untuk menggunakan pintu yang berbahan padat yang terbuat dari kayu, baja atau fiberglass karena lebih kuat dan tahan lama.

Langkah 2: Jika memiliki bingkai pintu lebih tua, maka pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru.

Kerentanan yang paling utama apabila menghadapi kerusakan pada pintu terletak di bagian bingkai pintu. Meskipun pintu sudah sangat kokoh, biasanya diamankan dengan deadbolt yang kuat, bingkai pintu yang sering terbuat dari kayu dan diikat dengan beberapa sekrup, karena adanya dampak dari paparan cahaya dan suhu juga penggunaan harian yang berulang, maka seringkali memiliki tanda-tanda penuaan seperti retak, pecah atau pergeseran yang mana menandakan perlunya penggantian. Beberapa yang perlu diperhatikan untuk mengganti bingkai pintu, ialah selain mengganti seluruh pintu dengan yang sudah tergantung di bingkai baru atau membangun kembali bingkai dengan menggunakan kayu yang baru.

Langkah 3: Pertimbangkan untuk memasang jenis kunci deadbolt.

Deadbolt merupakan kunci yang tidak tersambung dengan gagang pintu. Sehingga dapat berguna sebagai lapisan pengaman ganda pada hunian. Deadbolt sendiri memiliki bentuk silinder tunggal dan ganda. Tidak perlu jauh-jauh dan berfikir terlalu sulit untuk mencari kunci deadbolt. Dekkson sendiri memiliki sistem pengaman kunci pintu deadbolt yaitu Electronic Lock T-11. Untuk electronic lock T-11 Dekkson tidak memerlukan handle dalam membuka pintu karena sudah memiliki sistem yang otomatis dapat mengunci pintu. Penguncian deadbolt dikatakan sangat aman untuk pintu karena memiliki akses terbatas untuk dapat mengakses pintu rumah. Hanya penghuni rumah yang tertentu yang dapat memasuki area rumah. Begitupun ada aplikasi yang dapat melacak penggunaan pintu.

Langkah 4: Re-Key kunci atau mengganti sepenuhnya kunci.

Re-Key mengacu pada proses mengganti kunci pada pintu agar dapat digunakan dengan kunci yang baru. Alih-alih mengganti keseluruhan kunci, maka Re-Key dapat mengatur mekanisme kunci sehingga dapat digunakan dengan kunci yang berbeda. Jika kalian baru saja pindah ke rumah baru, merubah kunci atau mengganti kunci sebaiknya menjadi prioritas utama. Namun, jika kunci rumah kalian sudah tua, penggantian kunci sangat disarankan karena adanya penurunan keamanan seiring waktu. Merubah kunci secara berkala sangat disarankan juga untuk memastikan keamanan rumah.

Langkah 5: Perkuat penggunaan kaca pada pintu.

Panel kaca pada pintu depan meskipun terlihat estetis dan fungsional, dapat membawa risiko keamanan karena dapat dipecahkan, memungkinkan akses mudah bagi orang luar. Solusi paling efektif ialah mengganti pintu kaca dengan pintu yang massif. Sebagai alternatif, penggunaan kaca film, lapisan vinil yang tipis yang diterapkan pada kaca dapat memberikan perlindungan. Karena saat ada upaya pembobolan, film mencegah kaca hancur dengan mudah. Film yang berjenis frosted juga dapat meningkatkan privasi dalam ruangan.

Langkah 6: Pertahankan area di sekitar pintu depan terang dan terlihat.

Untuk meningkatkan keamanan rumah, maka yang harus diperbaiki pencahayaan yang kurang. Tingkatkan pencahayaan dasar pintu dengan menambahkan perangkat, membersihkan lampu yang sudah ada dan meningkatkan Watt. Hubungkan lampu ke sensor atau sistem rumah pintar untuk pengaktifan otomatis. Ruangan yang terang, termasuk di sekitar pintu, menyampaikan kesan rumah yang sedang ditempati. Pencahayaan sensor gerak di halaman depan dengan penyesuaian sensitivitas difokuskan pada pintu dan area sekitarnya untuk memastikan perhatian segera terhadap potensi ancaman pembobolan.

Langkah 7: Pasang sistem keamanan rumah, termasuk bel pintu dan memasang smart lock.

Perangkat kunci manual bisa menjaga keamanan untuk rumah, namun jika membutuhkan keamanan yang ekstra maka penggunaan electronic lock dapat meningkatkan keamanan yang lebih baik untuk rumah, dan pastinya tanpa khawatir kunci hilang dan patah di dalam. Electronic lock yang sangat direkomendasikan ialah EL 9113 Dekkson. Memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan penghuni rumah dalam mengunci pintu. Electronic Lock 9113 terdapat door bell yang juga menghemat penggunaan tempat. Mengenai sistem keamanan Electronic Lock 9113 memiliki sistem penguncian ganda dan penguncian khusus privasi di dalam rumah. Sedangkan mekanisme dalam buka dan kunci pintu hanya memerlukan fingerprint dan password. Namun, yang lebih memudahkan bisa menggunakan aplikasi yang dapat mengunci dari jarak jauh.

Langkah 8: Jangan lupa untuk memastikan rumah terkunci dengan baik.

Diantara banyak tahap dalam meningkatkan keamanan rumah, yang paling terpenting dan konsisten ialah mengunci pintu depan rumah. Terlepas dari seberapa sebentar kalian meninggalkan rumah, menjaga pintu terunci adalah pertahanan utama terhadap orang luar. Bagi yang sulit menyimpan kunci pintu, maka smart lock dapat menjadi solusi yang membantu, bahkan sangat memudahkan. Dengan investasi pada smart lock menjadi pertahanan kuat dan jaminan terhadap rasa aman lebih besar.

Pintu rumah menjadi penunjang utama dalam rumah, maka dari itu sistem keamanan rumah harus lebih diperhatikan. Penguncian pintu juga tidak dapat diterapkan secara asal, karena menyangkut isi dalam rumah. Jika teledor bisa jadi rumah akan kemalingan dan kehilangan barang-barang berharga di dalam rumah. Diperlukan berbagai cara untuk dapat lebih meningkatkan keamanan rumah dan pemilihan pintu serta kunci yang baik juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika semuanya sudah baik maka rumah akan terjamin dalam keamanannya.