BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 08 November 2023

Bahan Pintu Kamar Mandi Yang Kuat Dan Awet

Dalam membangun rumah,beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari ruang tamu, teras, dapur dan tentunya bagian kamar mandi pun perlu dipikirkan dengan baik. Selain dalam desainnya, pintu kamar mandi perlu menjadi pertimbangan. Bukan hanya secara bentuk pun, namun juga kualitas dan bahan harus menjadi prioritas utama dalam pemilihan pintu kamar mandi. Karena kamar mandi memiliki suasana yang lembab dan juga seringkali terkena air, terkadang pintu kamar mandi diharuskan memiliki perawatan khusus. Selain penggunaan pintu, tidak terlepas dari penggunaan handle untuk kamar mandi. Handle memiliki fungsi untuk membuka dan menutup pintu kamar mandi dan juga mempercantik tampilan kamar mandi. Berikut merupakan rekomendasi bahan untuk pintu kamar mandi yang kuat dan awet.

  • PVC (Poly Vinyl Chloride)
  • Kayu
  • Aluminium
  • Kaca Buram
  • Fiberglass

Pintu dengan bahan PVC adalah yang paling sering ditemui pada setiap rumah. Desain pintu dengan bahan PVC tidak hanya memiliki tampilan yang minimalis, namun juga mudah untuk ditemukan di rumah-rumah dan dipasangkan ke pintu. Bahan PVC sangat awet dari kondisi lembab dan tahan air, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Bahan PVC memiliki kemampuan anti terhadap korosi sehingga dapat digunakan pada jangka panjang. Untuk jenis handle untuk pintu PVC seringkali menggunakan tubular lockset Dekkson. Tubular lockset dari Dekkson memiliki desain yang simple dan dapat dipadukan dengan handle jenis tubular pintu PVC, kemudian bahan yang kuat sehingga awet dan tahan lama.

Mengenai pintu kamar mandi dengan bahan kayu, terdapat 3 jenis bahan kayu yang seringkali digunakan pada kamar mandi, yaitu kayu solid, inti padat, dan inti berongga. Perbedaan dari ketiga bahan yang digunakan ialah inti kayu yang digunakan. Yang mana dapat menentukan kekuatan, usia dari pintu itu sendiri. Namun untuk rekomendasi jenis pintu dapat menggunakan pintu kayu solid yang dapat digunakan sebagai bingkai pintu karena memiliki bahan yang lebih awet. Selain itu, pintu bahan solid dapat membuat tampilan kamar mandi menjadi lebih berkarakter. Untuk jenis handle sendiri, tubular lever set. Tubular lever set sangat cocok dengan pintu kayu pada kamar mandi rumah, karena awet dan anti karat. Sehingga akan bertahan lama dan tidak seringkali melakukan pergantian.

Selanjutnya ialah pintu kamar mandi dengan bahan aluminium yang akan menciptakan kesan modern untuk rumah. Jika rumah kalian memiliki konsep minimalis atau modern maka pintu dengan bahan aluminium dapat dijadikan pilihan tepat karena lebih awet dan tahan lama. Untuk jenis handle sendiri sangat cocok menggunakan tubular lever set dari Dekkson. Karena memiliki bahan yang awet dan tampilan yang pas jika dipadukan dengan pintu aluminium untuk kamar mandi.

Jenis pintu kamar mandi dengan menggunakan kaca buram juga seringkali digunakan untuk penghuni rumah, karena memiliki desain yang unik. Kaca buram juga memiliki banyak motif yang menjadi pilihan untuk konsep kamar mandir rumah kalian. Pintu kamar mandi dengan menggunakan kaca buram biasanya banyak ditemukan di area mall dan perkantoran. Mengenai jenis handle kaca buram sendiri dapat menggunakan door knob dari Dekkson. Door knob khusus kaca ini menjadikan tampilan pintu buram kamar mandi kalian lebih simple dan menarik.

Fiberglass sering digunakan pada rumah dengan konsep minimalis modern. Pintu dengan bahan fiberglass sangat awet dan tahan lama jika terkena air. Pintu dengan bahan fiberglass juga tidak mudah rusak apabila digunakan. Pintu fiberglass juga biasa dijadikan sebagai pembatas antara kamar mandi area kering dan basah. Untuk jenis handle sendiri menggunakan pull handle Dekkson yang mana dapat mempercantik tampilan pintu kamar mandi rumah kalian.

Dalam merangkai keindahan dan fungsionalitas kamar mandi, pemilihan pintu menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Tidak hanya aspek estetika, tetapi juga kualitas dan bahan harus menjadi prioritas utama. Kondisi lembab dan sering terpapar air membuat perawatan khusus pada pintu kamar mandi menjadi suatu keharusan. Selain itu, pemilihan handle juga memiliki peran penting dalam fungsi sehari-hari dan penampilan kamar mandi. Berbagai bahan pintu menawarkan kekuatan dan ketahanan yang berbeda. PVC menjadi pilihan umum dengan kemudahan pemasangan, ketahanan terhadap kondisi lembab, dan daya tahan terhadap korosi. Kayu solid menambah sentuhan mewah dan keawetan pada kamar mandi, terutama dengan penggunaan tubular lever set untuk handle. Aluminium memberikan kesan modern, dan tubular lever set dari Dekkson adalah pasangan sempurna untuk tampilan yang harmonis. Kaca buram membawa desain unik dengan banyak pilihan motif, dan door knob dari Dekkson menambahkan sentuhan elegan pada pintu kaca buram. Terakhir, fiberglass memberikan keawetan dan ketahanan terhadap air, sering digunakan sebagai pembatas antara area kering dan basah. Dengan pull handle Dekkson, pintu kamar mandi dari fiberglass dapat menjadi pilihan yang tidak hanya fungsional namun juga estetis.