BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 20 December 2023

Mengenal Pintu Pivot: Pintu Yang Dapat Diputar 360 Derajat

Pada umumnya, pintu memiliki poros engsel di bagian tepi yang memudahkan untuk membuka dan menutup pintu. Namun ternyata terdapat jenis pintu lain yang tidak biasa, yaitu pintu pivot. Pintu pivot memiliki poros engsel di bagian tengah sehingga membuat pintu dapat diputar untuk membuka. Pintu pivot dapat diputar karena menggunakan engsel pintu pivot. Engsel pintu pivot dipasangkan di bagian sisi atas dan bawah pintu, bukan disamping. Teknologi dari pintu pivot sudah ada sejak berabad-abad lalu. Contoh yang paling nyata untuk pintu pivot awal kali dapat ditemukan di kota kuno Persepolis di Iran modern. Berbagai indikasi pintu pivot ditemukan di Gerbang Segala Bangsa, yang merupakan sebuah aula besar dibangun oleh raja Achaemenid Xerxes I antara tahun 486 dan 465 SM.

Pada dasarnya pintu pivot merupakan panel yang berputar dan dapat mengambil segala jenis desain dan pengukuran. Berbeda dengan pintu pivot zaman dahulu, pivot zaman sekarang yang sudah mengalami banyak perubahan tidak berputar pada perpanjangan sumbu vertikal melainkan mengandalkan sistem engsel pivot dan poros atas. Sistem engsel pivot dipasangkan di bagian bawah pintu dan poros atas dipasangkan pada bagian atas pintu. Namun keduanya tidak akan terlihat jika pintu sudah dipasangkan. Engsel pivot bisa ditempatkan pada posisi manapun yang diinginkan. Hal ini dapat menentukan lokasi sumbu vertikal poros tempat pintu berputar.

Penggunaan pintu pivot jika dilihat secara visual berbeda dengan pintu berengsel biasa. Karena ketika engsel ditempatkan pada bagian tengah pintu maka pintu akan berayun dari luar ke dalam untuk pintu ke luar dan akan bergerak keluar. Oleh sebab itu pintu menggunakan engsel pivot menciptakan pergerakan pintu yang indah dan elegan. Pintu yang menggunakan engsel pivot biasanya berukuran lebih dari pintu biasa, berat pintu bisa mencapai 200 Kg. Tapi hal ini memungkinkan dengan menggunakan engsel pivot dari Dekkson yang memiliki berat maksimum sampai 250 Kg dengan kualitas yang terbaik.

Pintu pivot dapat dipasangkan dengan ukuran yang besar, artinya penghuni rumah dapat mendesain dengan bebas pintu impian mereka. Jika menggunakan pintu pivot maka engsel tidak akan terlihat pada pintu sehingga tidak merusak estetika pada pintu rumah. Pintu pivot dapat digunakan di berbagai jenis penempatan baik untuk situasi interior maupun eksterior. Mulai dari pintu utama rumah, pintu kamar mandi, pintu ganda, pintu lemari bahkan jendela. Pintu pivot juga sangat mudah dipasang. Ketika engsel diintegrasikan ke dalam pintu, hanya pelat lantai dan langit-langit yang harus dimortisasi kemudian pintu diangkat ke tempatnya.

Pintu pivot tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dapat diaplikasikan untuk pintu pembatas ruangan atau pintu utama. Pintu pivot dapat diterapkan pada bagian interior maupun eksterior rumah. Jika sering menonton video rumah-rumah mewah, misalnya di Beverly Hills, tak jarang menemui rumah yang menggunakan pintu pivot dengan bingkai pintu yang besar, untuk menandakan bahwa rumah sangat berkelas dan megah. Karena pintu masuk utama merupakan elemen nyata yang pertama kali ditemui saat memasuki sebuah bangunan. Engsel pivot dari Dekkson memiliki kualitas yang terbaik sehingga tahan terhadap cuaca. Sedangkan untuk pintu pivot sebagai interior rumah, seringkali ditemui sebagai pintu pembatas ruangan, seperti area dapur, kamar mandi, ruang tamu. Dan seringkali jenis pintu yang ditemui berkamuflase atau menyatu dengan interior dinding. Pintu kamuflase lebih sering diterapkan karena mempengaruhi estetika ruangan.

Dekkson memiliki tiga engsel yang dapat diputar 360?, yaitu FPB DL 05, ESS PV 001 SSS, dan ESS PV 002 SSS. Perbedaan antara ketiganya terletak pada kapasitas berat maksimum pintu. Berat maksimal pintu menggunakan engsel Dekkson mulai dari 50 Kg sampai 250 Kg. Engsel pivot pertama ialah ES PV 001 SSS memiliki berat pintu maksimal 200 Kg/set. Engsel kedua ialah FPB DL 05 yang memiliki kapasitas maksimum pintu 200 Kg. Ketiga ialah ESS PV 002 SSS yang memiliki kapasitas berat maksimal pintu 250 Kg.

Engsel pivot dapat diletakkan pada bagian tengah dan pinggir pintu. Jika engsel pivot dipasangkan di bagian tengah, maka pintu akan terbuka 360?. Sedangkan apabila engsel pivot diletakkan di pinggir, maka pintu akan terbuka 180?. Kelebihan engsel pivot ini sendiri ialah menjadikan tampilan pintu lebih rapih dan estetik. Karena engsel pivot tidak akan terlihat pada pintu jika dipasangkan. Kelebihan selanjutnya dalam penggunaan engsel pivot, selain dipasangkan pada pintu kaca, engsel pivot dapat juga digunakan pada pintu kayu.

Selain untuk pintu putar, penggunaan engsel pivot dapat juga digunakan untuk pintu kamuflase. Pintu kamuflase dapat berputar hingga 180?. Penggunaan engsel pivot pada pintu kamuflasi diletakkan di bagian pinggir atas dan pinggir bawah pintu. Pintu kamuflase seringkali digunakan sebagai sekat antar ruangan, namun menjadi favorit bagi beberapa orang karena letak pintu yang tidak terlihat. Pintu akan menyatu dengan dinding dan akan menambahkan estetika rumah.

Pintu pivot merupakan inovasi luar biasa dalam dunia desain pintu, menghadirkan kemungkinan putaran 360? yang unik dan elegan. Sebagai alternatif dari pintu berengsel biasa, pintu pivot memberikan sentuhan modern dan tampilan yang indah pada rumah. Engsel pivot dari Dekkson, seperti FPB DL 05, ESS PV 001 SSS, dan ESS PV 002 SSS, menyediakan solusi berkualitas dengan kapasitas berat maksimum pintu mulai dari 50 Kg hingga 250 Kg. Kelebihan utama pintu pivot adalah kemampuannya untuk menyatu dengan desain interior atau eksterior tanpa mengorbankan estetika, serta memberikan fleksibilitas dalam penggunaan, baik untuk pintu utama, pintu kamar mandi, pintu ganda, maupun pintu kamuflase. Dengan tiga engsel yang dapat diputar 360?, Dekkson memberikan variasi yang luas untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi desain. Pintu pivot tidak hanya menawarkan fungsi praktis, tetapi juga menciptakan kesan megah dan berkelas pada setiap bangunan, menjadikannya pilihan sempurna bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih dari sekadar pintu.